Memisahkan Bandwidth (GAME, BROWSING, DOWNLOAD) pada Mikrotik Part 2

Kita buat TCP Port Game, misalnya disini PointBlank

 
Lalu kita buat UDP Game nya

 





- Jika ingin menambah game lagi, silahkan ulangi step diatas dengan mengganti port game nya saja.
- Tahap selanutnya adalah menandai Connection Game yang sudah kita buat, caranya sebagai berikut:



 *NB: Mark Paket jadikan satu saja, jangan per-game di mark, cukup 1 mark paket aja agar mudah di queue.

KHUSUS CSO GUNAKAN SCRIPT DIBAWAH INI UNTUK MANGLE NYA

/ip firewall mangle
add action=mark-connection chain=game comment="Counter Strike" dst-address=\
    122.102.53.0/24 dst-port=47611 new-connection-mark=Game_Conn passthrough=yes \
    protocol=tcp
add action=mark-connection chain=game dst-address=122.102.53.0/24 dst-port=\
    27005-27015 new-connection-mark=Game_Conn passthrough=yes protocol=udp
add action=mark-connection chain=game comment="Counter Strike" dst-address=\
    122.102.53.0/24 dst-port=8000-8010 new-connection-mark=Game_Conn passthrough=yes \
    protocol=tcp
add action=mark-connection chain=game comment="Counter Strike" dst-address=\
    122.102.53.0/24 dst-port=36567 new-connection-mark=Game_Conn passthrough=yes \
    protocol=tcp
add action=jump chain=prerouting jump-target=game
add action=mark-connection chain=game dst-address=122.102.53.0/24 dst-port=\
    8000-8010 new-connection-mark=Game_Conn passthrough=yes protocol=tcp
add action=mark-connection chain=game dst-address=122.102.53.0/24 dst-port=\
    36567 new-connection-mark=Game_Conn passthrough=yes protocol=tcp
add action=mark-connection chain=game dst-address=122.102.53.0/24 dst-port=\
    47611 new-connection-mark=Game_Conn passthrough=yes protocol=tcp
add action=mark-connection chain=game dst-address=122.102.53.0/24 dst-port=\
    27005-27015 new-connection-mark=Game_Conn passthrough=yes protocol=udp
add action=mark-packet chain=game connection-mark=Game_Conn new-packet-mark=Game_Paket \
    passthrough=no

Step II 

Dalam step ini kita melakukan penanda'an browsing serta download.



NB: Tulislah manual pada form ConnectionMark "download_conn" jangan lupa centang sampai muncul tanda Pentung/Seru (!)


Sekarang kita menandai Paket Download



Connection Bytes: 500000-0 Connection Rate: 200000-100000000

 
Kita buat lagi penanda download untuk udp, yang diatas tadi untuk TCP nya
Setelah itu kita buat Marking lagi seperti tadi, kali ini 2 Mark Yaitu Browsing, Download, Cekidott

Tahap III 
Pada tahap ini kita melakukan Queueing pada paket paket mark yang sudah kita buat diatas.
Pertamanya kita bikin simple queue dengan nama ALL, artinya apa, ini adalah jumlah keseluruhan bandwidth yang kita miliki pada network kita, saya menggunakan ISP Speedy, jumlahnya 2MB, maka tuliskan 2M
Lalu kita membuat Queue untuk game, dalam hal ini saya kasih bandwidth pada game sebesar 256k dengan limit at(limit at digunakan agar mendapat 1:1 bandwidth) sebesar 256k juga. Dan jangan lupa untuk memilih MarkPaket nya Game_Paket yang tadi kita buat. Oh ya jangan lupa juga untuk memilih Parent pada TAB Advance, pilihlah parent ALL (pada gambar lupa belum saya kasih garis merah).
Tahap beerikutnya kita membuat Queue total untuk dibagi 2 (browsing dan download) dalam hal ini saya beri nama universe, jangan lupa set parent ke ALL, dan kasih MaxLimit sisa dari bandwidth (ALL dikurangi Game) = (2048k - 256k) = 1792k.
Setelah itu baru kita buat Queue browsing dan juga download. Dalam hal ini saya bagi dengan browsing 1M, sedangkan download 768k total nya 1792k seperti universe. Jangan lupa parent nya BUKAN ke ALL tapi ke universe. Ok. Oh ya jangan lupa PaketMark nya ya hehe.
Selesai sudah oh ya jangan lupa klik Tab parent agar Queue simple ini bekerja selayaknya Queue Tree, ini loh ente klik
Selesai sudah pekerjaan kita, apabila kalian menginginkan di setting in alias menggunakan jasa setting kami, bisa kontak ke fb.com/alfarady.kun . Harga tidak mahal karena kami baru saja buka dan gak enak kalo dimahalin :D 
Sekian Wassalamu'alakum :D






































Demikianlah Artikel Memisahkan Bandwidth (GAME, BROWSING, DOWNLOAD) pada Mikrotik Part 2

Sekianlah artikel Memisahkan Bandwidth (GAME, BROWSING, DOWNLOAD) pada Mikrotik Part 2 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Memisahkan Bandwidth (GAME, BROWSING, DOWNLOAD) pada Mikrotik Part 2 dengan alamat link https://fuadmishbahusurur.blogspot.com/2016/11/memisahkan-bandwidth-game-browsing_20.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memisahkan Bandwidth (GAME, BROWSING, DOWNLOAD) pada Mikrotik Part 2"

Post a Comment